Tuesday, February 25, 2014

Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan – Bagian 1

Berikut ini adalah rangkuman beberapa pertanyaan seputar masalah kehamilan yang sangat sering dijumpai di masyarakat kita.

 

 

Perlukah Ibu Hamil Membatasi Aktivitas ?

 

pertanyaan seputar masalah kehamilan
Secara umum ibu hamil tidak perlu membatasi aktivitas sehari-hari, selama aktivitas itu tidak berlebihan dan tidak mengakibatkan cedera. Aktivitas sehari-hari seperti memasak, mencuci, menyetrika, bersih-bersih rumah, mengurus anak serta suami, bekerja di kantor, belanja di pasar dapat terus dilakukan termasuk hilir mudik melewati tangga rumah.

Walaupun dalam penelitian diketahui kapasitas aerobik yang aman bagi seorang ibu hamil adalah sekitar 55-60% kapasitas wanita tidak hamil. Tentunya aktivitas fisik kadang perlu dibatasi pada beberapa ibu hamil yang mengalami komplikasi medis.

 

 

Setelah Melakukan Aktivitas Sehari-Hari Apakah Ibu Boleh Tidur Siang ?


Jawabannya tentu saja boleh, karena secara alami salah satu bentuk respons tubuh terhadap hormon yang mempertahankan kehamilan (progesteron) adalah mengantuk. Diketahui pada ibu hamil efisiensi tidur akan terganggu, karena fase REM saat tidur akan berkurang.

Kegiatan jalan-jalan (travelling) dapat dilakukan oleh ibu hamil selama tidak mengganggu kebutuhan nutrisi dan istirahat seorang ibu. Naik pesawat pun aman sampai umur kehamilan  36 minggu oleh AMA (Aerospace Medical Association 2003).

 

 

Bolehkah Beraktivitas Seksual Dengan Pasangan ?


Pada ibu hamil normal, aktivitas seksual diyakini tidak membahayakan kehamilan. Tetapi pada kasus kehamilan dengan ancaman keguguran, prematur, dan perdarahan, sebaiknya aktivitas ini dihindari.

 

 

Bagaimana Memasang Sabuk Pengaman Yang Tepat Saat Hamil ?


Pemasangan sabuk pengaman saat berkendara perlu diperhatikan. Sebaiknya sabuk pengaman ditempatkan melintang di antara kedua payudara dan di bawah perut untuk menghindari cedera saat terjadi kecelakaan.

 

 

Bagaimana Mengatasi Kaki Bengkak ?

 

pertanyaan seputar masalah kehamilan
Jika ibu hamil terlalu lama berjalan atau berdiri kadang muncul bengkak (oedem) di kedua tungkai bawah. Hal ini dapat terjadi karena penekanan pembuluh darah balik dari tungkai di sekitar panggul akibat bagian terendah janin sehingga terjadi bendungan sementara yang mengakibatkan bengkak pada kedua tungkai bawah.

Hal yang mudah dilakukan untuk mengurangi bengkak di kedua tungkai adalah rebah kemudian mengangkat kedua tungkai ke atas selama beberapa menit (selain tentunya menjadi alasan untuk membeli alas kaki yang baru dan nyaman ... ).

 

 

Adakah Tips Untuk Mengusir Rasa Lelah Bagi Ibu Hamil ?


Rasa lelah akan lebih sering dirasakan oleh ibu hamil. Tubuh ibu hamil rata-rata bertambah berat tetapi tidak diikuti oleh pertambahan massa otot yang memadai. Kerja jantung juga akan bertambah karena volume darah yang di pompa oleh jantung bertambah demi mengakomodasi kebutuhan janin.

Saran yang menyenangkan untuk menghilangkan lelah setelah beraktivitas sehari-hari di antaranya mandi / berendam air hangat, pijat refleksi (jangan pijat bagian perut) dan pijat di sekitar bagian kepala (creambath). Saran lainnya, ikuti senam hamil yang melatih pernapasan dan sirkulasi (seperti yoga, pilates, dan lainnya).

 

 

Kapan Keluhan Mual Dapat Menghilang ?

 

pertanyaan seputar masalah kehamilan
Tanda kehamilan yang paling tepat saat ini versi sinetron televisi tentu mual-muntah. Selalu digambarkan jika terlambat haid, sang aktris akan berakting mual-muntah. Padahal biasanya mual-muntah ini baru muncul setelah umur kehamilan 6-7 minggu dan mencapai puncaknya saat 9-10 minggu. Keluhan mual-muntah akan berkurang  dengan sendirinya saat usia kehamilan mencapai 14 minggu.

Apa yang sebaiknya dilakukan ibu hamil untuk mengurangi keluhan ini secara alami ? Jawaban yang pertama ialah makan dengan porsi yang sedikit tetapi sering. Kemudian minumlah minuman beraroma herbal atau yang di sukai seperti jahe, madu, cokelat atau teh. Hal yang harus diperhatikan saat mual-muntah ini jangan sampai terjadi dehidrasi atau malnutrisi.

 

 

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Sushi ?


Pertanyaan ini sering sekali terdengar. Maklum, saat ini makanan Jepang sangat terkenal di masyarakat kita. Pertanyaan sederhana tetapi membutuhkan jawaban yang serius.

Ikan laut adalah salah satu sumber protein yang baik, mempunyai kadar lemak jenuh rendah dan kadar omega-3 yang tinggi. Dilaporkan, terdapat keuntungan untuk janin jika ibu hamil memakan ikan laut lebih dari 340 gram per minggu.

Lalu masalah apa yang perlu dikhawatirkan dalam hal mengkonsumsi ikan laut ? hampir semua ikan laut dan kerang laut telah tercemar merkuri. Merkuri ini dapat mengakibatkan hal buruk untuk janin dan kadar merkuri tidak akan berubah banyak jika ikan tersebut di olah (dimasak) terlebih dahulu. Jadi untuk ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi ikan laut dan tidak mengkonsumsi kerang.

 

 

Apakah Boleh Makan Beras, Es Batu, Bubuk Teh/Kopi ?


Kebiasaan makan unik yang muncul saat kehamilan biasanya kita sebut “pica”. Hal ini muncul, sebaiknya karena terjadinya defisiensi zat gizi. Jadi jika kebiasaan makan aneh tersebut muncul, sebaiknya di imbangi oleh asupan zat besi yang cukup. Makanan yang merupakan sumber zat besi adalah daging hewani, kacang-kacangan, sayuran hijau dan buah-buahan segar.

 

 

Kenapa Ibu Jadi Ngiler Terus Saat Hamil ?


Keluhan banyak ludah (ngiler terus) juga dapat terjadi terutama pada bulan-bulan awal kehamilan. Hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan banyak ludah tersebut adalah banyak minum air putih dan cari kesibukan untuk mengalihkan perhatian sehingga mengurangi stimulasi terhadap kelenjar air.

Demikian beberapa pertanyaan seputar masalah kehamilan yang sering diajukan oleh ibu hamil. Nantikan artikel bagian kedua mengenai pertanyaan seputar masalah kehamilan ini.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai masalah seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.