Wednesday, December 11, 2013

Tips Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Saya ingin berbagi informasi yang sangat penting mengenai makanan sehat untuk ibu hamil. Aturan makanan sehat untuk ibu hamil adalah sesuatu hal yang harus sangat diperhatikan oleh seorang wanita ketika sedang mengandung. Sebab makan yang dikonsumsi seorang ibu hamil akan sangat berpengaruh pada janin yang sedang dikandungnya. Dan pada akhirnya akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan bayi / anak setelah lahir. Berikut adalah beberapa tips mengenai makanan sehat untuk ibu hamil yang akan sangat bermanfaat :

makanan sehat untuk ibu hamilHindari Makanan Manis Berlebihan

Untuk ibu hamil sangatlah disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan. Karena hal ini dapat mengakibatkan besarnya resiko akan melahirkan dengan bayi yang besar dan diabetes melitus.

Selain itu mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi yang dapat berakibat pada jantung, timbulnya depresi dan hiperaktivitas. Sangatlah disarankan untuk mengganti gula dengan buah-buahan segar.

makanan sehat untuk ibu hamilPerhatikan Kalori Yang Terkandung Pada Bahan Makanan

Makanan sehat untuk ibu hamil dengan kadar kalori rendah tapi mengandung banyak gizi, akan jauh lebih baik dibandingkan dengan makan berkalori tinggi tetapi mengandung gizi yang rendah. Contoh : 150 Kalori biji gandum utuh akan sangat jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan 150 Kalori kue donat.






makanan sehat untuk ibu hamilPerhatikan Dengan Seksama Kebutuhan Energi per Hari

Kenaikan pada berat badan ibu hamil sangatlah berkaitan dengan berat janin. Idealnya kenaikan berat badan pada ibu hamil ialah sekitar 0,5 Kg per minggu. Kurang dari itu, maka pertumbuhan janin akan terhambat.

Ibu hamil tidak perlu untuk memaksakan untuk makan secara berlebihan. Kebutuhan energi pada 3 bulan pertama masa kehamilan ialah sekitar 2.000 Kalori per hari. Pada 3 bulan kedua dan ketiga adalah sekitar 2.300 Kalori per hari. Sebagai perbandingan, 100 Kalori sama dengan mengkonsumsi daging sapi seberat 100 gram atau nasi sebanyak 4 sendok makan.

makanan sehat untuk ibu hamilPantangan Makanan

Hindari makanan yang mengandung alkohol, kafein, keju lunak dan ikan mentah. Mengkonsumsi alkohol dapat berakibat mempengaruhi perkembangan janin. Kafein dapat meningkatkan resiko berkurangnya berat janin dan keguguran. Ikan mentah yang biasanya mengandung banyak merkuri dapat sangat berbahaya bagi janin. Dan terakhir, keju lunak mengandung bakteri listeria yang sangat berbahaya bagi kehamilan.



makanan sehat untuk ibu hamil Hindari Berat Badan Yang Berlebih

Berat badan yang berlebihan atau kegemukan semasa kehamilan dapat berakibat pada munculnya diabetes dan hipertensi. Selalu berusaha untuk mengatur dan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.




makanan sehat untuk ibu hamilPerhatikan Kebutuhan Akan Asam Folat

Asam folat sangatlah bermanfaat untuk mengurangi resiko kelainan susunan saraf pusat. Hal ini harus diperhatikan sejak dari sebelum dimulainya masa kehamilan, karena pembentukan susunan saraf pusat dimulai sejak awal masa kehamilan.

Jumlah makanan sehat untuk ibu hamil yang diperlukan ialah sebanyak 600 mikrogram per hari per orang. Sumber pangan asam folat adalah kacang-kacangan, bayam, brokoli, gandum, jeruk dan stroberi.
Jika pada 3 bulan pertama seorang ibu hamil merasa mual dan kurang nafsu makan, maka itu adalah salah satu tanda kurangnya asam folat di dalam tubuhnya.



makanan sehat untuk ibu hamilSaran Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Yang Vegetarian

Untuk hamil hamil yang vegetarian sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi tambahan vitamin B12 dan vitamin D. Vitamin B12 sangat dibutuhkan untuk proses sintesis jaringan baru pada tubuh janin, pembelahan sel, dan metabolisme protein. Kebutuhan vitamin B12 untuk ibu hamil ialah sebesar 2,6 mikrogram per hari. Sumber pangan dari vitamin B12 ialah kedelai dan tempe. Sedangkan kebutuhan ibu hamil akan vitamin D ialah sebesar 400 IU per orang per hari. Sumber dari vitamin D ialah sinar matahari pagi, ikan, keju, susu dan lain-lain. 




makanan sehat untuk ibu hamilKebutuhan Air Harus Cukup

Kebutuhan air yang sesuai dengan aturan makanan sehat untuk ibu hamil ialah  disarankan untuk minum minimal 10 gelas (2,4 Liter) per hari. Kebutuhan akan air sangatlah relatif, tergantung dengan aktifitas ibu hamil tersebut. Jika ibu hamil tersebut bekerja atau sering beraktifitas di luar ruangan, maka kebutuhan akan air menjadi lebih banyak.

Air sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan aliran darah, membuang bakteri dari ginjal, menghindari sembelit dan mencegah persalinan prematur.




makanan sehat untuk ibu hamilPenuhi Kebutuhan Akan Karbohidrat

Sesuai dengan aturan makanan sehat untuk ibu hamil, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks atau yang belum diproses terlalu banyak. Contohnya ialah beras merah, roti dari gandum utuh atau sereal dari biji gandum.

Ibu hamil yang mengkonsumsi karbohidrat kompleks dapat membantu mengurangi mual dan kesulitan buang air besar. Bahkan, menurut penelitian terbaru menyebutkan bahwa karbohidrat kompleks dapat mengurangi risiko timbulnya diabetes bagi seorang ibu hamil.

Diharapkan dengan tips mengenai makanan sehat untuk ibu hamil diatas dapat sangat berguna bagi seorang ibu dalam menjalani masa kehamilannya. Dan tentu saja dapat berguna bagi janin yang sedang dikandungnya. Masih banyak sekali tips-tips yang dapat berguna untuk ibu hamil. Jika anda membutuhkan lebih banyak tips atau saran mengenai ibu hamil, silahkan mengunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.