Monday, April 21, 2014

Berolahraga Setelah Operasi Caesar

berolahraga setelah operasi caesar
Banyak pertanyaan, apakah tidak berbahaya, berolahraga setelah operasi caesar? Bagaimana dengan jahitan bekas operasi? Ternyata ibu hamil tidak perlu khawatir. Pada prinsipnya, latihan yang tidak melibatkan area perut dapat dilakukan sekitar 1-2 minggu setelah melahirkan.

Ibu yang melahirkan dengan proses caesar , sebenarnya ingin segera berolahraga untuk mengembalikan stamina dan bentuk tubuh. Namun mereka khawatir aktivitas fisik ini akan berdampak pada proses jahitan di perut. Alhasil, ibu memilih untuk tidak melakukan apa pun.

Padahal, bila ibu kurang beraktivitas, selain jadi lesu tak bertenaga, otot-otot pun kendur, bahkan berisiko pula terjadi penyumbatan pembuluh darah atau dalam bahasa medis disebut Deep Vein Thrombosis (DVT).

Memang, proses melahirkan caesar, membuat ibu mempunyai luka di perut dan membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 4 minggu. Tapi pada prinsipnya, latihan yang tidak melibatkan area perut dapat dilakukan sekitar 1-2 minggu setelah melahirkan. Justru dengan olahraga dapat mempercepat masa pemulihan, tubuh disiapkan untuk kembali menghadapi aktivitas sehari-hari, sekaligus ibu terhindar dari kemungkinan DVT.

Mengapa olahraga perlu dilakukan pasca bersalin? Seperti kita tahu, saat menjalani kehamilan, calon ibu mengalami berbagai kendala, seperti nyeri pinggang, panggul pegal, sakit lutut, dan sebagainya. Dengan melakukan kativitas olahraga yang teratur dan terukur, maka kekuatan otot akan kembali terlatih sehingga ibu dapat beraktivitas normal kembali.

Ibu bisa lakukan latihan sebanyak 2-3 kali seminggu, berupa latihan beban yang melibatkan tubuh bagian atas dan bawah.

Hal yang perlu diperhatikan saat ibu akan melakukan olahraga pasca melahirkan secara caesar :
  1. Konsultasikan ke dokter mengenai jenis olahraga yang dapat disesuaikan dengan kondisi pasca operasi caesar dan keluhan-keluhan apa saja yang dialami ibu.
  2. Bila ibu telah berhenti berolahraga selama beberapa bulan, mulailah kembali secara bertahap. Dimulai dengan olahraga low impact dan teratur 2-3 kali per minggu untuk menguatkan dan menstabilkan sendi-sendi panggul. Jenis olahraga low impact yang cukup aman pasca operasi caesar, yaitu : jalan cepat, berenang, aquarobic, yoga, pilates, latihan dengan beban ringan dan bersepeda.
  3. Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah olahraga.
  4. Hindari rasa lelah dan dehidrasi berlebihan. Berhentilah bila timbul rasa pusing dan nyeri di luka bekas operasi.
Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai masalah seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.