Monday, April 28, 2014

Tanda-Tanda Persalinan Sudah Dekat

tanda persalinan sudah dekat
Ibu hamil diharapkan dapat mengenali berbagai tahapan proses persalinan normal yang akan di hadapinya nanti. Berikut adalah tahapan-tahapan yang merupakan tanda persalinan sudah dekat tersebut.

 

 

Keluar Darah Bercampur Lendir Dari Vagina

 

Menjelang persalinan, umumnya akan diawali dengan pelunakan leher rahim. Ketika mulut rahim mulai membuka, akan diawali dengan keluarnya lendir yang bercampur darah. Adanya campuran darah ini berasal dari pembuluh-pembuluh darah yang berada di mulut rahim. Ini merupakan pertanda bahwa mulut rahim telah terbuka dan persalinan siap dilakukan. Ibu harus segera berangkat ke rumah sakit terdekat. Namun bila darahnya masih terlihat muda, jangan terburu-buru. Sebaiknya tetap menunggu di rumah. Perdarahan tanpa lendir yang berwarna kecokelatan atau terlihat sangat muda bisa jadi hanya pertanda telah terjadi kontraksi.

 

 

Pecah Ketuban

 

Janin dibungkus oleh selaput ketuban yang didalamnya terdapat cairan ketuban. Cairan ketuban merupakan bantalan (pelindung) bagi janin dari benturan. Cairan ketuban berwarna bening dan tidak berbau. Terjadinya kontraksi dan tekanan kepala bayi terhadap mulut rahim menjadi pencetus pecahnya air ketuban. Sesungguhnya air ketuban pecah bukanlah seperti tumpah, melainkan hanya semburan air atau hanya rembesan, dengan demikian pecahnya air ketuban tidak terasa. Pecahnya air ketuban juga dapat menjadi pertanda bahwa kontraksi akan terjadi lebih intensif lagi.

Jika ketuban telah pecah, persalinan diperkirakan akan terjadi dalam waktu 24 jam. Untuk itu, ibu harus segera ke rumah sakit atau rumah bersalin. Disarankan dalam perjalanan posisi ibu tiduran. Posisi ini dapat mencagah air ketuban tidak terlalu banyak keluar.

Ketika ketuban sudah pecah berarti janin sudah kontak dengan dunia luar. Akibatnya, kuman bisa masuk. Untuk itu, tak boleh menunggu terlalu lama, umumnya hanya sekitar 12 jam, setelah itu harus dilakukan tindakan untuk mengeluarkan janin.

 

 

Kontraksi

 

Ketika persalinan akan berlangsung, pada punggung bawah sampai dengan bagian perut, terasa sangat mulas. Inilah yang dinamakan kontraksi. Kontraksi akan terus berlanjut hingga pembukaan mulut rahim menjadi penuh, kurang lebih sepanjang 8-10 cm. Ketika kontraksi berlangsung teratur dengan jarak yang semakin pendek, pertanda persalinan semakin dekat. Untuk mengatasinya, ambilah napas pendek-pendek namun cepat, seperti yang diajarkan pada saat senam hamil.

 

 

Nyeri Di Selangkangan

 

Ketika posisi kepala janin sudah turun ke bawah ke mulut rahim, daerah rangka tulang pelvis, ibu akan merasakan nyeri di bagian selangkangan. Ibu juga menjadi sering berkemih lantaran janin menekan kandung kemih. Ini pertanda si jabang bayi siap lahir.


Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai masalah seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.