Tuesday, June 3, 2014

Pertanyaan Seputar Masalah Kehamilan - Bagian 6

ibu hamil
Berikut ini adalah rangkuman beberapa pertanyaan seputar masalah kehamilan yang sangat sering dijumpai di masyarakat kita.

 

Berapakah Kebutuhan Zat Besi Bagi Ibu Hamil ?


Zat besi tergolong mineral yang patut mendapat perhatian sepanjang kehamilan. Mengkonsumsi zat besi selama hamil bisa mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah serta anemia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ibu hamil disarankan mengkonsumsi zat besi sekitar 60 miligram per hari.

Ada beberapa makanan hewani yang merupakan sumber zat besi, seperti daging sapi, ikan baronang, telur. Sumber lainnya yang tergolong nabati adalah bayam, kentang, jagung, kangkung. Jadi tak perlu khawatir, banyak kok bahan makanan yang merupakan sumber zat besi.

 

Bagaimana Mengurangi Kesan Pipi Tembab Pada Ibu Hamil ?

 

Satu hal yang harus diperhatikan umumnya saat hamil, ibu mengalami kenaikan berat badan. Ini tentunya membuat wajah tampak lebih gemuk. Bagaimana menyiasatinya? Ikuti tips-nya berikut ini!
  1. Untuk mengurangi kesan gemuk, usapkan perona pipi yang sedikit lebih gelap dari warna kulit wajah.
  2. Usapkan dari tengah telinga bawah menuju sudut mulut ibu, tapi hanya sampai setengah pipi.
  3. Aplikasikan pula sedikit perona dengan warna senada pada pelipis, rahang dan poleskan perona dari ujung bagian dalam alis ke puncak hidung.
  4. Batasi lapisan tata rias yang digunakan. Singkirkan alas bedak sebagai tata rias dasar. Cukup gunakan concealer dan bedak padat, karena selama hamil, ibu mengalami perubahan suhu yang membuat tubuh sering berkeringat. Akibatnya, bisa merusak alas tata rias yang digunakan. Jadi, gunakan tata rias yang lebih simpel.

 

Apa Kegunaan Wortel Dan Kismis Bagi Ibu Hamil ?

Wortel tergolong camilan sehat bagi wanita hamil karena kaya vitamin A dan C yang akan membantu pertumbuhan tulang gigi, dan mata janin. Selain itu, juga merupakan sumber vitamin B6 yang dapat membantu pertumbuhan otak dan sistem saraf. Bahan makanan lain, seperti kenari mengandung omega 3 yang akan memaksimalkan perkembangan otak dan mata janin. Bagaimana mengolahnya? Masukkan wortel yang telah direbus dan dipotong dadu bersama-sama kismis dan kenari panggang, kemudian tambahkan campuran madu 1 sendok makan, sedikit mayones, dan susu. Camilan sehat siap disantap!

 

Bagaimana Ibu Hamil Harus Berbusana Di Pantai ?

 

Pasti asyik banget ya jika ibu hamil bisa bersantai di pantai. Jangan khawatir, perut yang membesar bukan penghalang untuk tampil seksi dan menarik saat berjalan-jalan di pantai. Ibu dapat memilih celana pendek dengan pinggang lebar. Atau, bila ibu memiliki varises dapat menggunakan kain panjang dari bahan tipis agar terasa nyaman, cukup dengan diikatkan di pinggang. Untuk atasannya, ibu dapat memilih busana tanpa lengan berbahan katun atau kaus warna cerah. Jangan tinggalkan pelengkap berupa topi dan kacamata hitam agar acara jalan-jalan di pantai tidak meninggalkan vlek di wajah.

 

Apakah Kegunaan Ikan Salmon Bagi Ibu Hamil ?

 

Protein dan lemak baik sangat berperan dalam proses tumbuh kembang janin. Utamanya, membantu proses pembentukan sel-sel tubuh, termasuk sel otak, sistem saraf, dan sel darah merah. Salah satu bahan makanan hewani dengan kandungan protein tinggi dan asam lemak omega 3 yang tinggi adalah ikan salmon. Dari sumber nabati, ibu dapat memperoleh protein dan lemak baik dari kacang-kacangan, mulai kacang buncis, sampai kacang almond. Sumber pangan nabati ini juga kaya akan serat.

 

Apakah Memelihara Kucing Berbahaya Bagi Ibu Hamil ?

 

Banyak perempuan jatuh cinta pada kucing, meski hewan ini dapat menularkan parasit toksoplasma. Kenyataannya, memang tidak semua janin dan perempuan pecinta kucing terinfeksi toksoplasma. Lantas, dimana letak masalahnya?

Memang benar, kucing dapat menularkan parasit toksoplasma melalui kotorannya. Parasit ini dapat menyebabkan kecacatan hingga keguguran janin. Namun, jika lama sebelum hamil ibu sudah memelihara kucing, boleh jadi tubuhnya pernah terinfeksi dan membentuk zat antibodi terhadap parasit toksoplasma. Masalah muncul jika ibu tidak memiliki antibodi tersebut.

Agar pengobatan bisa dilakukan lebih awal, sebelum merencanakan kehamilan, lakukan tes untuk mengetahui, apakah calon ibu memiliki daya tahan terhadap toksoplasma atau tidak. Bila tidak, giliran si kucing dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa apakah mengidap infeksi aktif tokso atau tidak. Jika ya, apa boleh buat, si kucing harus dititipkan.

 

Apa Efek Minuman Bertimbel Terhadap Kehamilan ?

 

Ibu hamil perlu cairan ekstra untuk menghidrasi tubuh, selain juga mempertahankan jumlah cairan ketuban, mengatasi konstipasi, mencegah mual, mencegah tekanan darah tinggi, dan mencegah gangguan pada janin. Namun, ibu hendaknya selektif memilih cairan yang dikonsumsi, hindari minuman yang mengadung logam timbel (Pb) karena timbel dapat menyebabkan aborsi spontan dan gangguan perkembangan saraf pada janin.

 

Apa Efek Dari Meditasi Bagi Ibu Hamil ?

 

Meditasi dapat membuat ibu menjadi lebih relaks. Kondisi ini akan meningkatkan pasokan oksigen ke janin yang ada di rahim. Melalui meditasi, ibu juga dapat “terhubung” dengan sang janin.

Berikut cara sederhana bermeditasi. Duduk atau berbaring dalam posisi nyaman. Taruh satu tangan di dada dan yang lainnya di perut ibu. Mulailah dengan menarik napas perlahan lalu mengeluarkan secara perlahan pula. Konsentrasi dan tenangkan pikiran. Untuk awal, cobalah untuk bernapas sebanyak 12-15 kali tarikan per menit dan membuangnya secara perlahan. Amati gerkan tubuh di bawah tangan ibu, lalu mulailah mengajak janin berkomunikasi.

 

Apakah Yang Dimaksud Dengan Kehamilan Di Luar Kandungan ?

 

Ibu pasti pernah mendengar tentang kehamilan di luar kandungan? Istilah medis kehamilan itu adalah Kehamilan Ektopik (KE). Pada kehamilan normal, telur yang sudah dibuahi akan melekat di rahim dan mulai tumbuh menjadi janin. Namun, pada KE, telur yang sudah dibuahi berimplantasi dan tumbuh di tempat yang tidak semestinya. KE terjadi pada 1 dari 50 kehamilan dan paling sering terjadi di daerah saluran telur (Tuba Falopii) (98%), meski dapat juga terjadi di ovarium (Indung Telur), rongga abdomen (Perut), atau serviks (Leher Rahim). Itulah mengapa, begitu merasakan tanda-tanda kehamilan, semisal terlambat haid, ibu dianjurkan segera memeriksakan diri ke dokter.

 

Bagaimana Jika Ketuban Pecah Di Tempat Umum ?

 

Cairan ketuban berfungsi melindungi janin. Normalnya kantung ketuban pecah menjelang waktu persalinan. Namun, karena penyebab tertentu, air ketuban dapat pecah lebih dini. Meski kejadian ini sangat jarang, hanya satu dari empat wanita.

Ketika ibu mengalami pecah ketuban dini di tempat umum, usahakan untuk tidak panik. Air ketuban tidak akan secara tiba-tiba mengalir deras. Namun, biasanya diawali dengan “kebocoran” dan mengalir sedikit-sedikit karena kepala bayi yang sudah di jalan lahir akan menjadi semacam “sumbat”.

Langkah pertama yang perlu ibu lakukan, segera hubungi bidan atau dokter untuk mendapatkan petunjuk pertolongan pertama. Pecah ketuban yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan infeksi.

 

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengkonsumsi Asam Folat ?

 

Asam folat sangat penting karena dapat mencegah kecacatan susunan saraf janin hingga 80%. Itulah mengapa, begitu ibu dinyatakan positif hamil, umumnya bidan atau dokter akan segera memberikan suplemen tambahan asam folat.

Sesungguhnya, konsumsi asam folat yang ideal adalah tiga bulan sebelum pembuahan terjadi hingga trimester 1 kehamilan. Trimester 1 merupakan masa pembentukan organ-organ penting janin. Kecacatan pada masa ini tidak dapat dikoreksi.

Kebutuhan akan asam folat per hari kira-kira sebesar 200 mg. Ibu dapat menambah kebutuhan asam folat dari makanan sehari-hari, seperti sayur-sayuran hijau (brokoli, bayam), dan kacang-kacangan segar. Yang harus diperhatikan, asam folat mudah rusak saat dimasak sehingga pastikan ibu memasak sayuran dengan jumlah air yang sedikit dan waktu yang sebentar.

 

Apakah Fungsi Vitamin C Untuk Plasenta ?

 

Selama ini kita mengenal vitamin C sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ternyata selain bermanfaat untuk melawan infeksi dan membantu penyerapan zat besi dalam usus, vitamin C juga membantu plasenta agar kuat serta membuang racun berbahaya bagi ibu dan bayi. Bahkan, hasil penelitian dari ilmuwan dari University of Copenhagen, menunjukkan, kekurangan vitamin C menyebabkan kerusakan otak pada janin. Bahayanya lagi, kerusakan ini tidak dapat diperbaiki dengan hanya memberikan vitamin C setelah bayi dilahirkan. Untuk itu, ibu hamil disarankan mengkonsumsi vitamin C sebanyak 45-75 mg per hari. Ada banyak buah yang kaya akan kandungan vitamin C, seperti : jeruk, kiwi, pepaya, sayuran dengan warna merah, kuning atau hijau dan lain-lainnya.

 

Seperti Apakah Baju Tidur Yang Nyaman Bagi Ibu Hamil ?

 

Tidur merupakan istirahat yang penting. Agar tidur pulas, ibu hendaknya memilih busana tidur yang nyaman dipakai. Berikut adalah beberapa tips memilih baju tidur bagi ibu hamil :
  1. Pilih bahan yang nyaman, menyerap keringat seperti berbahan katun dan lentur.
  2. Pastikan ukurannya tidak ketat, tapi agak longgar agar leluasa bergerak.
  3. Model disesuaikan selera, mau atasan-bawahan atau terusan. Khusus celana pastikan karet pinggangnya tidak ketat. Atau gunakan celana model bertali yang relatif nyaman karena bisa disesuaikan dengan besar perut.

 

Apakah Ibu Hamil Diperbolehkan Memakai Obat Jerawat ?

 

Adanya perubahan hormon pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada kulit wajah. Sebagian ibu, wajahnya malah ditumbuhi jerawat. Namun, ibu sebaiknya jangan sembarangan menggunakan obat jerawat yang umum karena khawatir akan mempengaruhi janin. Ibu juga sebaiknya menunda pengobatan sampai usia kandungan mencapai 4 bulan. Kalau dipaksakan, dikhawatirkan akan mengganggu pertumbuhan awal janin. Salah satu bahan berbahaya yang sering ada pada obat jerawat adalah salicylic acid (BHA atau beta hidroxy acid). Bahan ini dapat membahayakan tumbuh kembang janin, apalagi pada trimester awal sedang terjadi pertumbuhan berbagai organ penting janin.

 

Apakah Manfaat Jogging Pada Janin ?

 

Berdasarkan penelitian terbaru dari American College of Sports Medicine, ternyata berlari saat hamil justru aman dan bermanfaat bagi ibu serta si calon bayi. Ibu hamil yang rutin melakukan jogging sejak kehamilan masuk usia 5 bulan, anaknya terbukti memperoleh nilai akademik tinggi dan kemampuan bahasa lebih baik ketimbang anak yang ibunya hanya berjalan kaki saat hamil. Tak hanya itu, ibu pun akan merasa lebih bugar, berat badan turun, dan proses melahirkan lebih mudah.

Yang penting diperhatikan, saat jogging, pilih jalan yang rata dan gunakan sepatu olahraga yang nyaman. Lakukan secara teratur dan sesuaikan dengan kemampuan, jangan terlalu memaksakan. Ingat, ibu sedang mengandung, jadi kondisinya pasti berbeda dari saat tidak mengandung. Tak lupa, cukup minum air putih karena bisa mencegah pusing dan kelelahan akibat kekurangan cairan.

 

Bagaimana Mengatasi Flu Saat Hamil ?

 

Apakah ibu mulai merasakan gejala-gejala bakal terserang pilek? Bila ya, sebaiknya segera berhenti dari pekerjaan yang melelahkan, beristirahatlah dan banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Konsumsi sup ayam panas sangat dianjurkan, karena kandungan protein dan nutrisi dalam kaldu ayam sangat baik untuk mengembalikan stamina.

Guna mengatasi hidung tersumbat, uapkan wajah dengan air panas dan tutuplah bagian kepala dengan handuk. Uap air tersebut dapat membersihkan lendir yang menyumbat hidung dan membuat saluran pernapasan terasa lebih nyaman. Untuk meredakan tenggorokan yang tidak nyaman dan terasa kering, cobalah kumur-kumur dengan air garam hangat. Hindari minum obat-obatan karena dikhawatirkan dapat berdampak pada janin.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai masalah seputar ibu hamil, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.