Monday, October 5, 2015

Perawatan Spa Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Perawatan Spa Yang Aman Untuk Ibu Hamil
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai perawatan spa yang aman untuk Ibu hamil. Dipijat sambil mendengarkan musik lembut dan menghirup aromaterapi sungguh membuat Ibu hamil merasa nyaman dan relaks.

Ya, perawatan spa untuk ibu hamil, mengapa tidak? Perasaan relaks, segar dan berenergi setelah melakukan perawatan spa membuat Ibu hamil ketagihan untuk mengulanginya lagi. Jika kondisi Ibu sehat dan tidak ada keluhan selama hamil, perawatan spa untuk Ibu hamil boleh dilakukan selama trimester pertama. Namun, bila kehamilan Ibu berada dalam kondisi khusus, seperti : melalui bayi tabung atau sejenisnya, maka lebih disarankan melakukan perawatan spa setelah kehamilan memasuki trimester kedua.

Untuk amannya, memang lebih baik bila perawatan spa untuk Ibu hamil dilakukan di trimester kedua karena umumnya Ibu hamil sudah bisa beradaptasi dengan beraneka perubahan yang terjadi pada fisik dan emosinya akibat kehamilan. Namun, yang terbaik tentulah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, kapan Ibu boleh menjalani perawatan spa. 


Perawatan Spa Khusus Untuk Ibu Hamil


Sebaiknya pilih spa yang memang dikhususkan untuk Ibu hamil. Terapis di spa khusus Ibu hamil biasanya telah memperoleh sertifikat pelatihan dari institusi atau asosiasi terapis spa khusus Ibu hamil.

Selain itu, perawatan spa untuk Ibu hamil memiliki prosedur dan standar perawatan yang diaplikasikan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Ibu hamil. Pertama-tama terapis akan mengukur tekanan darah Ibu. Sebelumnya Ibu diminta bersitirahat dahulu selama 5-10 menit baru ditimbang dan diukur tekanan darahnya. Bila tekanan darahnya tinggi, Ibu diminta beristirahat kembali selama 15 menit sambil menikmati minuman segar. Setelah itu, tekanan darah akan diukur kembali. Jika masih tinggi juga, Ibu tidak disarankan menjalani perawatan spa karena dapat berdampak pada janin dalam kandungan.

Spa khusus Ibu hamil juga memperhatikan produk perawatan yang digunakan. Kendati demikian, sebaiknya Ibu juga tetap memperhatikan faktor keamanan produk perawatan tersebut demi kebaikan Ibu dan si buah hati dalam kandungan. Pastikan spa yang Ibu pilih menggunakan produk perawatan organik yang aman bagi Ibu hamil. Konsultasikan dahulu dengan dokter bila Ibu ingin menggunakan minyak esensial atau aromaterapi di luar yang umum dipakai bagi Ibu hamil.


Jenis Perawatan Spa Untuk Ibu Hamil


cara spa ibu hamil
Berikut ini sedikit gambaran perawatan spa yang dapat dilakukan Ibu hamil :

Pijat

Penelitain menunjukkan, pemijatan saat hamil dapat mengurangi stres, rasa pegal dan nyeri pada otot serta persendian, hingga menurunkan risiko depresi. Dengan pemijatan, hormon pencetus stres seperti kortisol dan norepinefrin menurun, sementara hormon dopamin dan serotonin meningkat. Rendahnya jumlah hormon dopamin dan serotonin berhubungan dengan depresi. Selain itu, pijat pun berfungsi melancarkan peredaran darah. Bila dilakukan sejak awal kehamilan, perawatan ini dapat mencegah stretchmark dan pembengkakan kaki pada Ibu hamil.

Sebelum melakukan pemijatan, komunikasikan dengan terapis yang bersangkutan mengenai umur dan kondisi kehamilan Ibu. Terapis yang bersertifikat dan dilatih khusus memijat Ibu hamil akan tahu bagian tubuh mana saja yang tidak boleh dipijat atau mendapat tekanan. Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat saat hamil, antara lain : payudara, perut dan telapak kaki. Telapak kaki dihindari karena merupakan tempat berkumpulnya saraf. Terapis akan lebih berkonsentrasi pada bahu, pundak, bokong dan betis yang biasanya menjadi sumber rasa pegal Ibu hamil.

Dalam menjalani pemijatan, Ibu juga harus memperhatikan minyak esensial yang digunakan. Mintalah terapis menggunakan jenis minyak esensial yang aman bagi kandungan, seperti : grapeseed oil dan jojoba oil.

Di atas kehamilan lima bulan, Ibu tidak disarankan berbaring telentang. Pada trimester kedua ini, bobot janin telah bertambah sehingga posisi telentang akan menekan pembuluh darah yang mengalirkan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Akibatnya, tekanan darah Ibu dapat menurun dan aliran darah ke janin juga dapat berkurang. Karena itu, umumnya spa khusus Ibu hamil akan meminta Ibu berbaring menyamping saat menjalani pemijatan. Terapis akan meletakkan sejumlah bantal dan guling kecil di sekitar perut, punggung dan kaki Ibu untuk menyangga tubuh senyaman mungkin.


Pijat Wajah

Jenis perawatan spa untuk ibu hamil ini termasuk yang banyak diminati Ibu hamil. Titik-titk saraf pada wajah akan dipijat dengan lembut sehingga memberikan efek menenangkan. Saking relaksnya, banyak Ibu hamil tertidur saat melakukan perawatan ini. Teknik pemijatan berfungsi mengendurkan saraf yang tegang karena stres atau cemas. Apalagi jika selama pemijatan ditambah menggunakan aromaterapi lavender. Menghirup aroma lavender dapat berfungsi mengurangi rasa sakit kepala.


Scrub

Saat hamil, kulit akan cenderung lebih kering. Nah, dengan melakukan scrub, sel-sel kulit mata dapat dibuang sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Bercak-bercak hitam pada kulit yang kerap muncul saat hamil pun dapat lebih disamarkan dengan melakukan perawatan ini.

Selain cenderung lebih kering, kulit pada saat hamil juga menjadi lebih sensitif. Terapis yang terlatih di spa khusus Ibu hamil akan melakukan teknik scrubbing dengan lembut. Madu, susu, oatmeal dan strawberry merupakan bahan scrub yang biasa digunakan dalam perawatan scrub bagi Ibu hamil karena relatif aman bagi kulit sensitif. Bila Ibu memiliki bakat alergi, mintalah terapis mengoleskan dahulu sedikit bahan scrub pada kulit untuk melihat reaksinya. Jika setelah 10 menit tidak ada reaksi pada kulit, artinya produk tersebut aman digunakan oleh Ibu.


Masker Tubuh

Prinsipnya sama dengan scrub, bedanya terletak pada penggunaan masker yang didiamkan selama beberapa saat pada kulit tubuh. Selain melembabkan dan mencerahkan kulit, jenis perawatan spa untuk Ibu hamil ini bermanfaat mengencangkan kulit tubuh karena dapat mengecilkan pori-pori kulit. Meski demikian, karena ketidakseimbangan hormon pada saat hamil, pengecilan pori-pori kulit mungkin tidak akan semaksimal yang biasa dirasakan sebelum hamil.

Nah, itu beberapa perawatan spa yang boleh untuk Ibu hamil. Namun ingat ya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Ibu. Selamat menikmati perawatan spa!




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.