Thursday, August 14, 2014

Fase Trimester Ketiga Dalam Kehamilan

makanan untuk ibu hamil trimester ketiga
Fase trimester ketiga dalam kehamilan adalah saat-saat yang mendebarkan, karena tak lama lagi si buah hati akan lahir. Terkait dengan pola makan dan gizi, ada beberapa hal yang penting diperhatikan, seperti berikut ini :

 

 

Kadar Lemak Meningkat Pada Tubuh


Kadar lemak yang meningkat pada akhir trimester 3 berguna untuk mempersiapkan masa menyusui, juga untuk mendukung pertumbuhan otak yang meningkat pesat pada trimester akhir.

Khusus untuk memacu pertumbuhan otak ini, jenis lemak yang utama adalah asam lemak omega 3 dan 6. Omega 3 juga dapat membantu mengurangi resiko preeklamsia dan persalinan prematur, disamping membantu mencegah depresi pasca melahirkan.

Kebutuhan akan lemak dapat dipenuhi dengan 1 jenis lauk yang digoreng, mengingat 1 sendok teh minyak goreng mengandung 45 kalori. Umumnya, manusia tidak pernah mengalami kekurangan lemak.

 

 

Kurangi Konsumsi Garam


Konsumsi garam yang berlebihan dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengeluarkan air. Untuk itu penggunaan garam pada masa kehamilan sebaiknya tidak lebih dari 1 sendok teh per hari. Kelebihan mengkonsumsi garam juga dapat menjadi pemicu peningkatan tekanan darah yang dapat menjadi pencetus preeklamsia.

 

 

Heartburn


Risiko heartburn lebih sering terjadi pada wanita yang mengidap maag. Ditandai dengan ulu hati yang panas seperti ditusuk-tusuk. Kerap terjadi ketika usia kehamilan masuk trimester akhir.

Meningkatnya kadar hormon progesteron membuat asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa seperti terbakar. Penyebab lain, janin yang semakin besar dan memenuhi rongga perut mendesak lambung ke atas sehingga asam lambung naik dan mengiritasi dinding kerongkongan.

 

 

Tips Asupan Gizi Ibu Hamil Selama Trimester Ketiga


tips asupan gizi ibu hamil selama trimester ketiga
Berikut ini adalah tips yang patut dicoba oleh ibu hamil selama trimester ketiga :
  1. Hindari makanan berbumbu tajam, atau minuman mengandung kafein atau bersoda, karena dapat merangsang asam lambung yang dapat memicu heartburn.
  2. Makan dalam porsi sedikit tapi sering, sehingga asam lambung bisa dinetralisir.
  3. Jangan makan sesaat sebelum tidur. Beri waktu 2-3 jam bagi tubuh ibu untuk mencerna makanan sebelum tidur.
  4. Hindari berbaring setelah makan.
  5. Minum 2 gelas susu kehamilan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap untuk kebaikan janin dan ibu.

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai seputar masalah kehamilan, silahkan kunjungi situs berikut ini ... PANDUAN LENGKAP UNTUK IBU HAMIL.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.